Minggu, 27 Desember 2015

PENYEBAB MOBIL TIDAK BISA STARTER


Starter adalah penggerak mesin pertama kali dihidupkan bayak cara dilakukan untuk menghidupkan mesin, Mulai dari didorong, diengkol, sampai meggunakan dinamo. Pernahkan anda mengalami mesin tidak bisa starter ? Beberapa penyebab yang mengakibatkan mesin tidak bisa starter adalah kemungkinan besar dinnamo starter yang tidak bekerja dengan baik. Berikut saya jelaskan cara untuk mengecek dinamo starter.

- Cek kabel arus dari baterai yang menempel pada switch starter harusnya terdapat arus + 12v
- Jumper langsung arus dari baterai +12v ke positif swicth starter  jika ada reaksi beratri switch dalam keadaan baik.

- Masih pada kabel switch starter cek menggunkan terster kemudian start menggunakan kunci kontak, jika terdapat arus +12v maka kunci kontak berfungsi dengan baik, sebaliknya jika tidak terdapat arus maka ada kemungkinan kerukasakan pada kunci kontak.

- Jika memang sudah dipastikan dinamo starter yang tidak bekerja beratri anda harus melepas dinamo starter tersebut, dan kemungkinan besar adalah habisnya brush/spul starter, atau ausnya armatur karena gesekan brush. Anda bisa ganti kompenen yang rusak teresebut.

Ok sekian ulasan tentang masalah starter pada mobil semoga menambah manfaat.

25 komentar:

  1. kalo kadang ngangkat kadang nggak gimana tuch .stater sich hidup cuma bunyi cceeerrrrr ...di leaps baru jrookkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah ini basanya sudah lemahnya motor starter, Gigi pinion starter tidak nyangkut ke flaywheel, Caranya agan bisa buka motor starter coba bersihkan dari debu dan kotoran yang bisa mennghambat motor starter, Cek kondisi motor starter dan gigi pinion motor starter agan masih dalam konsisi baik atau tidak. Semoga membantu.

      Hapus
  2. kalau switch starter bagaimana mengeceknya? soalnya kosong bgt pas di starter gak ada suara sm skali. aki sehat, lampu gak ada yg redup jg.

    BalasHapus
  3. Kabel switch langsung aja di jumper. Coba ada reaksi tidak. Harus sudah tau ya gan kabel mana yang di jumper kalo salah2 bisa konslet.

    BalasHapus
  4. Kalo mobil tiba-tiba staternya hidup sendiri apanya mas.? staternya sj yang bunyi terus2 menerus tp mesin ttp mati posisi kunci off (e36M40) bikin panik krn terjadi pas tengah malam, dan baru mati stl cabut kabel akinya.

    BalasHapus
  5. Starter tiba2 hidup sendiri bisa karena ada hubungan atau short pada kabel kunci kontak. Coba bisa di cek, Atau ada kabel switch stater yang bergesekan/terkelupas. perhatikan pada kabel2 penghubung motor starter san switchnya

    BalasHapus
  6. saya juga mau tanya om, bmw e36 m40 saya kadang bisa di starter tapi kadang gak bisa dan spido meter temperatur turun kalo pas starter abis gitu naik normal lagi. accu saya baru ganti 2 bulan yang lalau. kira-kira apa yah gan? mohon banntuannya terimakasi salam ers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba jawab satu solusi dulu ya gan, Ada kemungkinan kunci kontak sudah mulai selek / kendor gan, Coba pada saat starter jangan di tekan penuh, Tekan setengan saja dulu ditahan jangan sampai di mentokan saat starter, Jika masih belum juga. Bisa contact aja gan ke nomer saya ya.

      Hapus
    2. Boleh minta Kontaknya pak

      Hapus
  7. bos, punya ane aki baru tegangan 12,50 v, busi baru pengapian bagus, fuel pump bagus,tapi dstater gak mau nyala. oli baru ganti. bmw 318i/e63/m40 1993 tadinya didiemin lama ada 2 tahunan. kira2 apanya bos? pas distater kadang bunyi nyricit gitu tapi mesin gak hidup.

    BalasHapus
  8. Punya saya bmw 318i e30m40.awalnya pas starter tdk bisa hidup lalu dijumper mesin bisa hidup. Sekarang dijumper juga tdk bisa hidup hanya bunyi sesessssss.. Mesin tdk mau hidup, motor starter sdh sempat dibersihkan. Kira kira solusinya gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Coba pasang aki langsung. Dengan aki kondisi baik.
      2. Jumper langsung ke motor staternya.
      3. Jika bunyi sesss kemungkinan besar bendik starter tidak mau ngunci ke flayweel. Alhasil yang berputar hanya motor starternya aja.
      Semoga membantu

      Hapus
  9. Bos numpang tanya..mobil hidup trus tiba-tiba mati sendiri distater g respon sperti kontak off(loss listrik) tapi tape masih hidup lampu-lampu juga tidak ada yang redup

    BalasHapus
  10. Gan mobil bmw tahun 93 318 i gk bisa hidup klo di setater bisa nya di jeper bedik dinamo setater nya riley normal udah di cek suiit kunci kontak udh di ganti apa nya kira 2 gan

    BalasHapus
  11. e36 318i saya th 97 kadang2 kalo udah beberapa kali stater kadang kalo di stater lagi susah hidup. setelah beberapa kali coba baru mau hidup. sering sekali kyk gitu, kira2 kenapa ya? mohon bantuannya

    BalasHapus
  12. Gan saya punya bmw e36, awalnya mobil normal tapi setelah kecelakaan si dinamo starter malah ngelos ada suara ssssessssss. Terus arah putarnya juga kebalik jadi ke kanan. Minta penjelasan nya dong gan

    BalasHapus
  13. Tolong bantuannya pak.. mibil saya bmw e36 320i thn 95... Klo sdh di bawa jalan.. mobil terkadang tidak mau di stater lg..tidak ada bunyi apapun (kosong)...lampu indikator hidup semua.. batre bagus..

    BalasHapus
  14. Mau tanya bos ku punya ane BMW e36 318i THN 97,mobil saya motor stater nya Yala tapi mesin nya susah nyala,seperti gigi Bendix sama roda gendeng nya ngx nyangkut, karena ini pertama pakai bmw

    BalasHapus
  15. Asalamualaikum...
    Bos numpang minta pencerahan dan solusinya.
    Mobil bmw m43 saya GK mau di starter.padahal aki normal,indikator menyala semua tp GK bisa di starter.mohon kira"apanya ya bos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatanya switch dinamo staternya deh Om.

      Hapus
  16. Sama semua masalahnya,waktu distar tdk ada reaksi, kelihatanya memang ada yg salah dengan kelistrikanya, ini saya sedang bongkar2, saya jumper langsung hanya bunye srrrrr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah senasib.... udah ganti aki baru, ganti relay stater baru tetap gada reaksi apa apa,

      tapi di kosletin di bendik stater mesin bisa nyala..

      admin atau yang mengerti boleh tolong bantu kami dengan masalah yang sama ini...Terima kasih

      Hapus
  17. Mobil e36 m40. Ga bisa hidup indikator mati. Ternyata aki soak.begitu aki selesai di cash mobil nyala...tapi besoknya gak bisa di starter lagi..kira kira apanya ya gan

    BalasHapus