Jumat, 01 Januari 2016

PENYEBAB EXTRA FAN BMW E36 M43 MATI



Extra fan merupakan komponen pendingin pada mesin nertugas mengelirkan udara agar mesin dan radiator menjadi dingin, Lalu pernah anda mengalama extra fan tidak bekerja atau tidak berputar dan akibatnya mesin menjadi over heat.

Pada mesin bmw E36 dengan type mesin 318/M43 tidak seperti pendahulunya yang menggunakan fan yang terhubung langsung dengan mesin menggunkan van belt atau yang biasa disebut viscovan dan memiki extra dan tambahan,  Pada mesin M43 Extra fan menjadi sangat penting, karena hanya satu satunya pendingin udara pada mesin ini yang digerakkan dengan arus listrik.

Bagaimana cara mengecek sistem ini ?, yang pertama anda lakukan adalah mencari saklar yang bertugas menyalakan extrafan mulai dari relay, dan temperatur switch, Pertama anda cek relay terlebih dahulu, yang terdapat pada box sikring dibagian mesin, berikut denah untuk relay tersebut.
Terdapat 2 relay untuk menghidupkan extra fan yaitu low speed dan high speed, Fungsinya bila mesin dalam keadaan sangat panas maka otomatis relay high speed bekerja untuk menaikan RPM extrafan, dan juga sebaliknya untuk relay low speed. Jika relay sudah tidak berfungsi maka anda dapat megganti relay tersebut, Jika relay sudah dipastikan benar, dan extrafan masin belum berputar, maka cara berikutnya adalah jumper soket extra fan langsung ke arus pada baterai, hasilnya jika extra fan berputar maka extra fan berfungsi dengan baik, mengecek dengan menjumper lakukan pada kedua kabel yaitu low speed dan high speed, Extra fan hanya memiliki 3 kabel, 1 masa/griund, 2, arus + low speed, 3 arus + high speed.

Jika dalam pengetesan extrafan tidak bekerja maka dipastikan extra fan sudah mati, anda harus megganti extra fan tersebut,

Jika extrafan berputar dengan cara menjumper, maka ada satu komponen lagi yang harus anda cek, yaitu switch extra fan, switch ini bekerja secara otomatis mengikuti suhu air radiator yang mengalir dari mesin, letaknya menempel pada badan radiator di sebelah kiri radiator, Pada switch ini terdapat 3 kabel yang 1, sumber arus + dari baterai, 2, Arus + untuk low speed, 3 arus + untuk High Speed, Sama seperti dengan di atas mengeceknya dengan menjumper ketiga kabel tersebut, Misalnya kabel arus masuk dihubungkan dengan kabel low speed. atau kabel arus masuk dengan kabel high speed. jika pada pengetesan extra fan berputar berati extra fan dalam kondisi baik.

Nah untuk mengetes swicth tersebut dengan cara merebus ujung switch dengan temperatur 80 s.d 100 drajat Celcius,  Tes dengan menggunkan tester pada kebel arus masuk dengan low speed atau arus masuk dengan high speed, jika pada suhu terstentu tester menjukan nilai maka switch bekerja dengan baik.

Peran termostat pada mesin M43 sangatlah penting jadi jangan sekali - kali agan melepas termostat pada mesin ini, akibatnya switch tidak akan bekerja pada suhu tertentu. 

Selamat mencoba.


18 komentar:

  1. Makasih bayak gan artikelnya sangat membantu, gan mobil saya habis terbakar, sesuai dengan postingan anda dan
    Sekring sdah banyak yang hangus, trus kioas pendingan radiator tidak berputar, apakah saya harus ganti fux bose nya gan, mobil saya bmw 318i, mohon pencerahan gan makasih, alamat email saya, adityaindo45@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan bisa contact saya aja gan untuk informasi lebih lanjut ada dimenu contact. Tergantung kerusakannya gan.

      Hapus
    2. Gan, kl fan ac depan e36 tdk mau mati, pdhl kotak senua sdh mati, kl sekring di cabut baru mati, kenapa itu gan

      Hapus
  2. maaf gan mau tanya, bmw saya type E46 seri 3 ac nya mati. bahkan gk keluar udara sama sekali di dashboard, tp yg saya dengar ketika mesin dinyalakan dan tombol ac di on kan otomatis ac nya fungsi, bahkan suara mesin kadang langsam nya tinngi kadang rendah. mohon info nya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar Resistor blowernya mati gan, COba perhatikan pada saat fan speed disteel ke yang paling tinggi ada perubahan tidak.
      Sekalian cek puly kompresor ikut berputar dengan mesin tidak. Jika berputar kompresor aman. Masalah pure di resistor blowernya.

      Hapus
  3. Om Dede,Mobil saya 318 E36,bertanya nih Om,kalau hidup mesin ngak pakai ac,apakah fan akan bekerja.klu bekerja pd suhu brpa ya,ni mobil sy,off ac,suhu sudah panas tapi kok ngk mutar ya fan,temperatur tetap normal setengah.please advasenya Om,salam

    BalasHapus
  4. blog nya keren ... save as favorit

    BalasHapus
  5. Punya saya e36, maaf kalo agak sedikit melenceng dari topik
    Saya masih newbie mau tanya kenapa ya kalo saat kondisi mobil diam pAkai ac temperature cepat naiknya hampir overheat tp pas ac dimatiin temperatur kembali normal. Langkah awal yg harus saya lakuin apa ya? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  6. bmw e36 318 M43 apakah bisa dikasih kipas ac tambahan didepan evaporator kayak mobil2 jepang? mengingat bmw 36 m43 kipasnya cm satu untuk pendingin radiator dan ac jadi satu elektrik fan, jd klo jalan macet pas cuaca panas ac jd kurang dingin...

    BalasHapus
  7. Extra fan saya ga mati om klo ac di nyalain .pas di panasin ga pake ac juga suka nyala
    Tp pas jalan suka mati jd temperatur naik
    Intinya fan saya kadang nyala kadang mati ( seringan matinya )
    Minta sarannya om
    Pengen ngikutin tahapannya tp bingung
    Minta nomer nya om?
    Trimakasih

    BalasHapus
  8. Malam om, saya pakai bmw e36. Saya pakai climate ac manual. Yg saya tanyakan adalah switch no1 tdk berfungsi sedangkan yg no.2,3 dan 4 berfungsi normal. Sebelumnya saya kira resistornya yg bermasalah setelah saya ganti resistor ternyata tetap saja switch no.1 tdk berfungsi. Apa ya kira2 masalahnya. Mohon masukan 🙏

    BalasHapus
  9. Bmw e36 320 punya saya kalo nyalain fan depan ko ac jadi ga dingin kenapa ya setelah saya matikan fan depan ac kembali normal dan dingin?

    BalasHapus
  10. Mau tanya gan, E36 M43 saya kalau pas nyalain AC kok fan radiator gak muter ya, jadinya AC cepat panas. Apa yg harus dicek ya? Trims.

    BalasHapus
  11. BMW saya mau di stater tapi engak mau hidup

    BalasHapus