Kamis, 18 Mei 2017

UPGRADE MESIN M40 KE M43

 Sangat dinanti dan banyak dicari oleh pengguna mesin e36 m40 dan e30 m40. Untuk mengupgrade mesin menjadi m43, dari judulnya tidak mengganti mesin ke m43 melainkan hanya memngganti beberapa komponen mesin m40.
Mesin m40 adalah mesin yang banyak di keluhkan oleh penggunanya yaitu masalah bunyi tek tek tek yang sedikit mengganggu. Pada dasarnya bunyi tersebut tidak menjadi permasalahan. Akan tetapi buat pengguna yang perfect bunyi ini sangatlah menggangu.
Komponen yang mengakibatkan bunyi tesebut adalah adanya benturan antara rocker arm dan katup karena terjadi celah. Cara mengatasinya dengan mengganti semua HVA. Bunyi tersebut bisa hilang.
Lalu kenapa harus upgrade ke m43 ? Berbeda dengan M40 mesin M43 sudah menggunakam timing chain dan roller pada rocker armnya. Hal ini yang memuat mesin m43 lebih senyap pada bagian mesinnya. Tenaga yang dihasilkan pun lebih besar. Roller pada rocker arm membuat mesin M43 menjadi lebih ringan. 

Ok langsung ke pembahasan utama apa saja yang harus diupgrade. Mesin m40 dan m43 tidak banyak perbedaan pada bagian kepala silindernya. M40 dan m43 menggunakan HVA yang sama. Yang perlu diupgrade adalah rocker arm. Nanum tidak cuma plug n go. Rocker arm m40 dan m43 berbeda dari segi bentuk dan dimensinya. Dari sisi bentuk hanya berbeda pada bagian rollernya saja. Dari segi yang lain rocker arm m40 tidak langsung menekan ujung katup tetapi mengunakan penahan / sim untuk menekan katupnya. Untuk m43 rocker arm langsung menekan ujung batang katup.
Jadi jika rocker arm m43 langsung dipasang akibatnya ujung rocker arm akan membentur per katup. Karena ujung katup m40 lebih masuk ke dalam. Untuk m43 ujung katup akan nonjol alias lebih tinggi dari per patup.
Jadi anda harus mengganti semua per dan kompoen katup pendukung lainnya supaya katup dan rocker arm m43 bisa masuk di m40.
Secara otomatis anda harus melakukan turum mesin sebagian karena harus mengganti per katup. Sparepart yang harus disiapkan adalah :
1. Paking top set.
2. Rocker arm m43 8pcs.
3. Sepaket per katup m43 8pcs.
4. Hva bila perlu ganti dengan yang baru 8pcs.
5. Kopi panas untuk menemani saat turun mesin.
Jika semua part sudah anda siapkan baru anda pasang ke mesin m40.
Sedikit informasi untuk menambah performa mesin m40 anda perlu mengganti noken as dengan m43. Langkah ini diambil untuk meng optimalkan kinerja mesin.
Nanum pada proses ini anda harus memodifikasi noken as m43 agar dapat masuk ke kepala silinder m40.
Semoga artilel ini bisa menjadi inspirasi bagi pengguna m40.

7 komentar:

  1. Bisa di kasi estimasi biaya untk upgrade ini ga bang, menarik ni buat upgrade m40 saya, oh iya noken as m40 wajib di ganti dngan m43 tdk ya? Trimakasih

    BalasHapus
  2. Untuk estimasi, kisaran 5 jt keseluruhan tergantung dari harga sparepartnya. Noken as pakai standar m40 sudah bisa dipakai,

    BalasHapus
  3. Jika Timing Belt diganti Timing Chain, perlu sparepart apa lagi? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa gan ganti timing belt ke timing chain, Tipe timing belt kering, Timing Chain Basah oli ga akan bisa di ganti2.

      Hapus
  4. Tidak semudah yang dibayangkan ommm....

    BalasHapus
  5. Kemaren saya upgrade internal head m40 ke m43 sendiri,,estimasi nya cam 800rb,perklep set roker retain 1,3jt,modif kepala cam 300rb,packing head 175 om..nah sekarang tinggal cari makalah buat modif Afm ke Maf biar optimal pasokan udara dan campuran bahan bakar nya

    BalasHapus
  6. Kemaren saya upgrade internal head m40 ke m43 sendiri,,estimasi nya cam 800rb,perklep set roker retain 1,3jt,modif kepala cam 300rb,packing head 175 om..nah sekarang tinggal cari makalah buat modif Afm ke Maf biar optimal pasokan udara dan campuran bahan bakar nya

    BalasHapus