Senin, 24 April 2017

TURUN MESIN SETENGAH BMW E36 M40 PART 2



Lanjutan dari postingan sebelumnya kini saya akan membahas bagaimana cara untuk melakukan turun mesin setengah dan apa saja tols yang perlu anda sediakan. Khusus untuk postingan ini saya akan membahas turun mesin BMW E36 M40 karena ini saya alami secara pribadi.
Pertama langkah yang perlu ada siapkan adalah berdoa, heheeee, berikutnya ada wajib siapkan dana kisaran 5 jt sampai 10 juta tergantung kebutuhan mengapa karena ritual turun setengan akan memerlukan sparepart yang lumayan banyak dan lumayan juga harganya. Ada baiknya ketika hendak turun mesin setengah anda harus siapkan matang matang karena nantinya supaya hasilnya tidak setengah setengah.
Lalu tols apa saja yang perlu anda siapkan untuk membongkar mesin anda haaaaahaaa harus bisa masangnya ya. Berikuit sacara rinci saya jabarnkan tolsnya.

1.       Kunci Pas / Ring 8,10,11, 13, 19
2.       Kunci T 8, 10, 11, 13
3.       Kunci Soket Bintang E12
4.       Kunci Soket 1 Paket
5.       Kunci L
6.       Tang
7.       Palu, Palu karet
8.       Tracker Pembuka Katup
9.       Kunci Busi
10.   Obeng Minus (-) dan Plus (+)
11.   Dongkrak
12.   Kunci Inggris
13.   Tracker Penahan Pully
Berikut gambar – gambar tools yang mungkin asing buat anda, 

PROSES PEMBONGKARAN / PELEPASAN

    1.  Lepas semua komponen atau part yang menempel pada silinder head
      -          Intake manifold Beserta part yang ada pada manifold seperti troutle selang bensin seleng vacuum, Boot Airflow Dll
      -          Exshose manifold komponen ini terhunbung langsung ke nalpot jadi anda hanya perlu melepas baut yang menenpel pada sambuang nalpot dan exhouse manifold, melepasnya harus lewat kolong mobil. Lepas semua businya.



            2. Lepes semua komponen depan mesin seperti fan blade, thermostat. radiator, selang selang radiator timing belt dan kabel busi. Jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu air radiatornya. Lepas semua penutup atau cover silider head bagian depan. Pada proses ini tols yang digunakan adalah kunci T8, T10, obeng minus (-), Kunci L 3, 6mm, Khusus untuk membuka timing belt  harus pada posisi TOP seperti pada postingan berikut. Kunci Soket bintang E12 untuk membukan gear timing belt.
            3. Setelah semua terbuka baru anda buka silinder kop / tutup kepala sinlinder dengan menggunakan kunci T 10 nanti akan terlihat semua isi kepala sinlinder mobil anda.
                4.  Dilalam komponen kepala sinlinder terdapat
                  -          Pipa saluran oli atau sering di sebut suling Buka baut tengah dengan kunci T 12, Baut pinggir dengan kunci T 8.
                  -          Noken As Buka dengan menggunakan kunci T11 buka pelahan dan rata semua bautnya
                  -          Rocker Arm jika Noken as sudah telepas makan cukup angkat dengan tangan saja langsung.
                  -          HVA angkat dan kocok bila agak keras diangkatnya tidak perlu tols khusus.
                  -          Katup untuk membuka katup setelah kepala silinder turun. Gunakan treker pembuka katup untuk memudahka melepas dan memsangnya kembali.
                  -          Jika semua komponen didalam kepala sinder sudah terangkat maka anda tinggal membuka baut kepala sinlinder dengan menggunakan kunci soket bintang E12. Terdapat 10 baut yang mengikat kepala silinder.
                  -          Jika semua sudah terbuka angkat perlahan dan tarik ke atas kepala silindernya butuh 2 orang untuk mengangkatnya mencegah hal yang tidak diinginkan.
                    5. Proses turun setengah selesai.

                      ANALISA KERUSAKAN
                      Pada analisa kerusakan semua komponen yang sudah terlepas wajib anda teliti dan analisa seberapa kerusakannya, Banyak factor dan hal hal yang perlu anda perhatikan berikut analisa kerusakannya per bagian atau komponennya :
                        1. Noken As
                          Memeriksa noken as cukup mudah anda bandingkan tingkat keausan benjolan benjolan pada noken as, Jika pada benjolan terdapat banyak keausan maka noken as wajib anda ganti dengan yang baru, Jika hanya beberapa titik saja maksimal 4 titik bisa anda repair dengan menambal bagian yang aus dan meratakanya kembali, anda bawa ke tukang bubut noken as, ukurannya disamakan dengan benjolan noken as yang masih baik.


                            2. Roker Arm
                              Sama halnya dengan noken as kerusakan pada komponen ini adalah keausan, keausan terjadi pada bantalan yang bergesekan dengan noken as pada saat mesin berputar, Seharusnya bantalan ini agak sedikit melengkung keatas jika dalam kondisi baik. Jika bantalan sudah rata maka sudah pasti aus atau bantalan tidak rata dan anda periksa keausan pada dudukan HVA pada rocker arm bentuknya cekungan lingkaran periksa tingkat keausannya. Kembali lagi jika budget cekak anda bisa repair rocker arm kepada tukang bubut. Namun ada baiknya ganti semua rocker armnya ada 8 Pcs untuk menjaga kesetabilan rocker arm semuanya.
                                3.  HVA
                                  HVA atau Hidrolik Vilter Adjuster adalah komponen yang otomatis menyesuaikan celah antara katup dan rocker arm, makanya pada mesin ini tidak menggunakan stelan katup yang sering anda temui pada mesin mesin lain. Untuk memeriksanya anda ukur dengan menggunakan penggaris / Vernier caliper / jangka sorong, Ukuran ketinggian HVA dalam kondisi baik adalah 4,87mm , dalam kondisi tidak baik kurang dari 4,6mm. Berikutnya jika kepala HVA tidak dapat di putar ada kemungkinan HVA macet. Ada baiknya HVA anda ganti semua 8Pcs.
                                    4. Katup
                                      Untuk katup anda cek setingan rumah katup masih tebal tidak atau sudah dalam, jika masih tebal cukup anda sekir ulang untuk menambah kerapatan katup. Jika terdapat katup bengkok segera anda ganti, Katup tidak perlu anda ganti semua hanya mengecek tingkat kerapatanya saja
                                      5.   Timing Belt
                                      Timing belt perlu anda ganti jika sudah menginjak usia 20.000 km
                                      6. Termostat Wajib anda ganti.
                                      Tidak perlu anda periksa ganti saja untuk mencegah mesin over heat. 
                                      7.       Jika semua komponen diatas sudah anda analisa semua kerusakannya selanjutnya anda persiapkan komponen pengnatinya entah baru atau hasil repair.

                                      PROSES PEMASANGAN





                                      Paking TOP set pada proses pemasangan adalah part yang harus anda beli. Karena semua paking dan seal yang sudah anda buka harus anda ganti semua.
                                      Pada proses pemasangan adalah kebalikan dari pembongkaran / pelepasan dimana komponen yang terakhir kali dibuka makan itu merupakan komponen yang pertama kali dipasang pada proses pemasangan.
                                      Sebelum  anda melakukan pemasangan anda wajib membersihkan kompenen yang hendak anda pasang kembali, banyak cara dilakukan untuk membersihkannya bisa anda gunakan bensin, carbucleanner atau pembersih yang lain.
                                      Untuk membersihkan kepala silinder hingga besih anda bisa gunakan pemnbersih poreselen kamar mandi, gunakan berulang ulang dan bilas hingga bersih.
                                      Sebelum memasang silinder head pada mesin telebih dahulu anda pastikan semua katup sudah terpasang, jangan lupa anda ganti semua seal katupnya Pasang paking silinder head terlebih dahulu, Paking ini tidak perlu anda tambahkan lem lagi. Karena sudah terdapat perekat khusus pada pakingnya.
                                      SIlinder head sudah nempel pada mesin, Kencangkan semua baut silinder head dengan kunci soket bintang E12, ingat pada proses pemasagan harus rata dan tahapannya mulai dari baud paling tengah terlebih dahulu untuk mencegah silinder head bocor atau tidak rapat. Gunakan kunci momen bila perlu atau jika tidak punya gunakan filing anda.
                                      Pasang kembali rocker arm HVA dan noken as pada posisinnya kencangkan semua bautnya dengan rata. Jika semua sudah terpasang kemudian pasang suling atau pipa saluran oli.
                                      Semua komponen kepala silinder sudah terpasang, maka selanjutnya proses pemasangan kompoenen depan mesin mulai dari pemsangan gear timing belt dan semua kompenen lainnya hingga semua terpasang kembali. Ingat pemsangan gear harus sesuai TOP disarankan pada saat proses pelepasan jangan sekali kali anda memutar mesin untuk mencegah TOP bergeser.
                                      Semua komponen, seal, dan paking sudah selesai dipasang kini anda pasang kembali komponen intake manifold dan exhouse manifold, Yang perlu anda perhatikan adalah komponen intake manifold pada bagian ini anda harus bersihkan terlebih dahulu sebelum anda pasang misalnya besrihkan salurah intake, injector, troutle carburetor, dan bagian lainnya.
                                      Selesai saatnya anda putar kunci kontak, Eit sabar sobat isi dulu air radiatornya heheheeee.
                                      Selamat mencoba dan semoga artikel ini menbantu agan agan semua. Jangan lupa like dan komentarnya ya.


                                      Tidak ada komentar:

                                      Posting Komentar