Selasa, 12 April 2016

BUNYI KROTOK – KROTOK ATAU KROK KROK PADA MESIN BMW




Ketika kita akan menggunkan kendaraan kita, khususnya mobil, pernahkan anda menemui kendala seperti judul diatas ?. Postingan ini akan membahas peyebab dari permasalahan tersebut, kejadian ini saya alami pada mobil saya BMW E36 M40, yang pada waktu itu saat hendah memanaskan mobil dipagi hari, dan ketika mesin diyalakan, terdengar suara kasar pada mesin yang sangat mengganggu dan bahkan membuat sedikit panic khawatir terjadi masalah pada mesin bagian dalam, yaitu terdengar suara krotok – krotok atau krok – krok ketika mesin nyala, Yang saya analisa adalah :


1 ,Pompa Air ( Water Pump ), Karena kompenen ini kerap menjadi penyebab kemacetan pada mesin karena usia dan korosi.
2. Bagian carter mesin, diduga terdapat part mesin yang terlepas dan akhirnya berbenturan didalam ruang oli mesin.
3. Timing belt, pada bagian ini mengindikasi pada stasiner yang sudah oblak atau berkarat.
4. Pompa power steering, pada komponen ini cukup mudah dalam pengecekannya yaitu dengan memutar kemudi, dan hasilnya sama saja. Bunyi masih timbul,

Terakhir, alternator / dynamo ampere, ketika pengecekan komponen ini, adalah dengan melepas v – belt yang terhubung dengan alternator, kemudian menghidupkan mesin dan hasilnya suara tersebut hilang, Peyebab dari masalah tersebut ditemukan, dan akhirnya saya lepas alternator, bongkar semua komponen tersebut dan hasilnya terdapat kerusakan pada bantalan bearing belakang, yang memang terbuat dari plastic, bantalan tersebut hancur sehingga putaran alternator menjadi goyang yang mengakibatkan benturan armature dengan magnet alternator dan beraing pun oblak. 

Masalah belum teratasi karena bantalan bearing (gambar no 8) tersebut tidak saya temukan Tanya ke bengkel dynamo jawabanya untuk mobil eropa kita tidak punya sparepatnya?, solusi terakhir adalah dengan membuat bantalan tersebut dengan besi, cukup anda bawa ke bengkel bubut untuk membuat bantalan tersebut yang waktu itu merogok kocek Cuma 50rb. Terakhir anda ganti bearing (Gambar no5) tersebut dengan ukuran yang sama, missal 6201 (Alternator BMW M40), Setelah dipasang Alhamdulillah maslaah teratasi, Dan mesin mobil menjadi halus kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar