Kamis, 19 Maret 2015

TIPS AWET DALAM MENGGUNAKAN AC BMW


Sebelum kita bahas seperti apa dalam merawat AC mobil anda lebih dulu mengetahui tentang pengertian dan cara kerja ac itu sendiri.

Air Conditioner (AC) Mobil adalah suatu rangkaian komponen yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan pada kabin kendaraan. pada dasarnya sistem kerja ac mobil adalah sirkulasi udara (lihat gambar) dimana komponen-komponen berfungsi saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dengan freon (gas pendingin) sebagai aliran sirkulasi itu sendiri. aliran tersebut terus-menerus bersirkulasi selama mesin dihidupkan.

KOMPONEN AC 

1. Compressor

Adalah mesin pemompa freon yang didalamnya terdapat piston atau sitem pengerak lainnya serta dua buah katup tiup dan hisap, yang mana katup tiup adalah berfungsi menyalurkan hasil proses pompa gas freon yang bertekanan tinggi kepada condensor. sedangkan katup hisap berfungsi menarik lagi gas sisa pendinginan pada evaporator. pada compressor terdapat juga magnet clutch yang berfungsi sebagai sistem kelistrikan dan pengontrol.
2. Condensor
Pada komponen ini berfungsi sebagai penyerap panas dan pendingin atau pelepas kalor dari gas freon yang telah melewati proses kerja dari compressor, tekanan tinggi tadi diubah menjadi liquid atau cairan dan dialirkan lagi ke filter driyer. karenanya tidak heran condensor umumnya diletakan pada bagian depan setelah radiator mesin, hal ini bertujuan agar condesor dapat dibantu didinginkan oleh putaran kipas dan aliran udara saat mobil berjalan.
3. Filter Driyer
Alat ini berfungsi sebagai penampungan dan penyaring cairan yang telah melalui proses pendinginan dari condensor. di dalam filter driyer sendiri terdapat bermacam lapisan saringan yang berfungsi memimalisir dan menyaring kotoran dan uap air sisa-sisa cairan yang ada sehingga hasil terbaiklah yang dialirkan lagi kepada expansi valve.
4. Expansi Valve
Fungsi alat ini adalah sebagai katup pengaturan dan mengecilkan cairan yang setelah melalui proses dari filter driyer. di dalam expansi valve cairan yang ada disemburkan sedemikan kecil (meminimalisir gas freon) sehingga menghasilkan embun dingin dengan tekanan yang lebih rendah kepada evaporator (cooling coil).
5. Evaporator

Proses terakhir terjadi pada komponen ini dimana embun bertekanan rendah yang dihasilkan dari expansi valve tadi disalurkan melalui cooling coil melalui pipa-pipa kapiler yang terstruktur pada cooling coil dan telah menjadi dingin karena proses tersebut dan dihembuskan oleh blower yang keduanya terdapat dalam evaporator, sehingga anda dapat merasakan dingin dan sejuk pada kabin ruang kendaraan melalui kisi-kisi angin yang terdapat pada dasbor mobil. Hasil sisa dingin tadi kemudian dikembalikan lagi ke compressor, begitulah proses kerja ac mobil terjadi terus-menerus saat mesin dihidupkan tentunya.
Didalam perjalanan berkendara ac sangatlah penting, untuk itu kita harus tau bagaimana cara menggunakannya dan tentu harus tau juga cara merawatnya. berikut beberapa tips singkat yang bisa dijadikan panduan dalam menggunakan AC mobil Anda :

1. Pada saat menyalakan ac mobil diusahakan mobil dalam keadaan RPM rendah atau pada saat mobil lamsam. Usahakan RPM dibawam 1000.

2. Untuk menonaktifkan AC jangan pada saat RPM mesin tinggi, dan diusakan selalu mematikan ac terlebih dulu sebelum mobil anda di OFF kunci kontaknya.
3. Jangan sekali - kali menghidup matikan ac pada saat RPM tinggi, Ini akan mengakibatkan kompresor ac akan cepat rusak, Kenapa ? Karena compresor akan menerika momen yang tinggi dari putaran mesin yang tinggi sehingga akan ada kejutan putaran yang belebihan. Dan juga akan merusak mangnetik clutce kompresor anda.

4. Sering mengganti filter ac nya ya, Murah ko ga mahal - mahal amat.
5. Jangan merokok didalam kabin mobil, Akan menimbulkan efek bau pada kabin mobil anda. Karena asap rokok akan menempel pada kabin. Sehingga akan menimbulkan perpaduan  bau yang tidak sedap dan ac pun jadi tidak segar. heeeeeee 
6. Isi freon yang ramah lingkungan ya, Jika dirasa ac sudah kurang dingin.
7. Selalu bersihkan kisi - kisi ac anda dari debu dan kotoran.


Sekian dulu ya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar