Ulasan Spesifikasi BMW 318i E46 - BMW E46 merupakan keturunan ke-4 dari kelas BMW seri-3 yaitu sedan kompak yang diposisikan satu tingkat di bawah BMW seri-5. Bentuk yang sporty dengan garis-garis minimalis membuatnya memiliki pamor yang tinggi di mata para eksekutif muda. Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1999 untuk menggantikan posisi BMW E36 yang telah beredar selama satu dekade, lalu versi facelift dikenalkan pada tahun 2002 dengan upgrade mesin dan perubahan kecil pada bagian luar meliputi bentuk lampu utama, warna lampu belakang, bumper, hood dan grill.
BMW 318i E46 pre-facelift mengadopsi mesin berkapasitas 1,9 liter 8 katup SOHC. Dikarenakan banyaknya pemilik mobil ini mengeluh akan performa mesin yang underpower, lalu BMW menggantinya dengan versi facelift dengan perubahan pada bagian luar dan mesin yang kini menggunakan mesin 2,0 liter dengan kode N42B20 16 katup DOHC. Mesin N42 terkenal rewel dan seringkali mengalami trouble, akhirnya pada akhir tahun 2004, facelift terakhir dilakukan dengan menggunakan mesin N46B20 yang lebih tahan banting.
Spesifikasi BMW 318i E46 Pre-facelift
- Tahun produksi: 1999 - 2001.
- Kode mesin : M43B19 (disebut juga M43TUB19), 1.9 liter 4 silinder segaris 8 katup SOHC.
- Output tenaga : 118 HP @5.500 RPM.
- Torsi puncak : 118 Nm @3.500 RPM.
- Bore x Stroke : 85 mm x 83,5 mm.
- Rasio kompresi : 9,7:1.
- Profil ban standar: 195/65 R15
Spesifikasi BMW 318i E46 Facelift
- Tahun produksi: 2002 - 2004.
- Kode mesin N42B20, 2.0 liter 4 silinder segaris 16 katup valvetronic DOHC VANOS.
- Output tenaga : 143 HP @6.000 RPM.
- Torsi puncak : 200 Nm @3.750 RPM.
- Bore x Stroke : 84 mm x 90 mm.
- Rasio kompresi : 10,2:1.
- Profil ban standar: 205/55 R16.
- Tahun produksi: akhir 2004 - 2005.
- Kode mesin N46B20, 2.0 liter 4 silinder segaris 16 katup valvetronic DOHC VANOS.
- Output tenaga : 148 HP @6.200 RPM.
- Torsi puncak : 200 Nm @3.600 RPM.
- Bore x Stroke : 84 mm x 90 mm.
- Rasio kompresi : 10,2:1.
- Profil ban standar: 205/55 R16.
- Image BMW.
- Tampilan keren dan awet.
- Ukuran kompak, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.
- Mesin M43 versi mudah dalam hal perawatan.
- Mesin N42 versi facelift lebih bertenaga.
- Transmisi halus.
- AC digital.
- Fitur keselamatan lengkap.
- Handling mantap.
- Sparepart banyak.
- Harga bertahan.
Kekurangan BMW 318i E46
- Bantingan kurang lembut, efek handling yang bagus.
- Mesin N42 versi facelift terkenal rewel.
- Mesin M43 versi pre-facelift terkesan underpower.
- Akselerasi kedua mesinnya lamban.
- Karet konsol pada dashboard cepat getas.
- Suspensi lemah.
- Sparepart mahal.
- Jaringan servis terbatas.
- Pajak mahal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar