Minggu, 28 Februari 2016

BUNYI MENDECIT PADA MESIN


Mesin mobil akan tersasa enak jika anda dapat merawat mesin mobil anda, pada kasus ini dimana terjadi bunyi mendecit pada saat pertama kali mobil anda dihidupkan setelah mobil sudah mulai agak panas berangsur - angsur bunyi mendecit hilang, Apa sebenarnya yang terjadi pada mesin mobil anda ?



Masalah yang ditimbulkan ketika terdengar bunyi decitan pada mobil adalah pada komponen v belt, yang sudah kendor atau sudah kadaluarsa sehingga sudah keras, Bila anda anda menyetel kelenturan v belt terlalu kendor atau terlalu kencang bunyi akan timbul. Bunyi juga bisa timbul pada saat v belt tersiram oleh air, pada musim penghujan biasanya ini terjadi, perhatikan bila anda melawati genangan air kemudian air membasahi v belt mesin anda pasti mobil anda akan mendecit.

Untuk itu anda tidak erlu khawair untuk menangani masalah tersebut, cukup anda perbaiki sendiri dirumah dengan menyetel kembali susuai dengan kekencangan yang dibutuhkan, dan tambahkan pelumas khusus untuk v belt, fungsinya untuk menjaga karet pada v belt agar lebih awat dan kelenturan bisa terjaga.


Ciri - ciri belt sudah rusak,
- Karet sudah keras
- Terdapat retakan retakan kecil.
- Mulur, Sehingga sudah tidak bisa dikencangkan lagi.

2 komentar:

  1. Nambahin y gan, sorry lg klo salah kamar. Kbetulan sy pake e36 m40 1992jg. Ada bunyi mendecit saat steer/kemudi terlalu full kekiri atau kekanan...ane dapetin solusinya dari kang emul x tunas bmw bandung.yaitu mengganti V belt power steering trus menambah stelelan buat ngencengin v beltnya.sgitu dulu gan, mudah2an ada manfaatnya.

    BalasHapus