Minggu, 28 Februari 2016

CARA MENGGANTI TIMING BELT BMW M40


Jika usia mobil anda sudah tidak muda lagi kemungkinan ada beberapa part yang memang harus dilakukan penggantian, Misalnya timing belt pada mesin BMW M40 yang masih menggunakan timing belt untuk mengendalikan komponen kepala silinder agar dapat bekerja seirama dengan piston.

Timing belt mesin idealnya dilakukan penggantian secara berkala setiap 20.000km. Potingan ini akan membehas cara mengganti timing belt anda dirumah. Perlu anda perhatikan adalah posisi top ketika anda hendak melapas timing belt anda. ketika anda ingin mengganti timing  belt sebaiknya anda juga sekalian mengganti tensioner timing belt tersebut. Berikut adalah caranya.



Langkah - langkah
- Lepas viscofan
- Lepas semua vbelt yang terhubung mulai dari belt alternator, kompresor ac.
- Top putaran mesin anda pada posisi pada gambar berikut






- Lepas cover timing belt

- Lepas puli bawah
- Lepas selang radiator dan termostat.
- Setelah semua cover dan puli terlepas, anda lepas tensioner timing belt.
- Usakah jangan sampai anda menutar - mutar bagian atas dan bawah.
- Jika waterpump anda mengalami kendala sekalian anda ganti juga waterpump tersebut, karena akan sekalian dalam perabikannanya.
- Bersihkan semua bagian dari kotoran.
- Pada proses pengantian timing belt sekalian anda cek seal crankshaft dan camshaft jika sudah terdapat rembesan oli sebaiknya langsung anda ganti.
- Pasang kembali timing belt sesuai arah yang sesuai dengan putran mesin. Yaitu kekanan
- Selesai pasang kembali semua komponen yang anda lepas tadi.



2 komentar:

  1. bagaimana dengan posisi pulley crank shaft dan gear cam shaft ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi puli camshaft sesuai pada gambar di atas, Puli crank shaft juga sama, jadi keduanya harus pada posisi top, yang sudah ada pada tanda masing-masing, Jadi tidak perlu khawatir ketika memasangnya kembali, di usakan pada saat timing belt terbuka jangan memutar2 crank shaft, jadi anda tidak perlu khawatir pada posisi pemasangannya kembali.

      Hapus