Kamis, 30 Juni 2016

CARA MEMBUAT RELAY TAMBAHAN PADA STARTER MOBIL


Mobil anda tidak bisa di starter sama sekali dan sudah melakukan banyak analisa dan perbaikan hanya belum menemukan solusi, mungkin solusi ini dapat membantu mobil anda, cara ini dilakukan jika dalam keadaan kepepet, heee, karena pada dasarnya untuk memperbaiki masalah ini adalah anda harus mengganti relay modul untuk starter mobil anda akan tetapi untuk mengganti relay modul tidak murah bukan ?, Berikit ini saya akan sharing cara menambahkan relay pada sistem starter mobil anda khusunya untuk BMW E36, akan tetapi cara ini bisa juga untuk semua jenis mobil.

Alat dan bahan yang anda perlukan adalah relay dan kabel saja berikut adalah skema dari pembuatanya.



Keretrangan gambar.
- Terminal 86 Hubungkan dengan masa/ground
- Terminal 30 Hubungkan ke arus + pada baterai
- Terminal 85 Hubungkan ke kunci kontak, sebagai triger untuk mengaktifkan relay. Cari kabel berwarna hitam kuning pada kunci kontak (Khusus BMW E36) atau anda cari kabel yang digunakan untuk mengaktifkan starter pada kunci kontak caranya anda gunakan tester. Hungungkan kabel terseter ke masa/ground satu kebel lagi anda cari di tiap kabel pada kunci kontak, mengetahuinya jika anda putar kunci kontak ke starter dan ada hubungkan pada tester berarti kabel itulah yang akan menjadi triger nantinya.
- Terminal 87. terminal ini akan mendapatkan arus dari terminal 30 dari baterai. yang menghubungkan langsung ke dinamo starter anda. Hubungkan kabel ini ke switch starter. Pada switch starter terdapat 3 terminal 1, Terminal + yang berhubungan langsung dengan baterai, 2. Masa/Ground 3. Terminal + dari kunci kontak. Termial 3 ini yang akan dihubungkan dengan relay nantinya,

Semoga cara di atas dapat membantu anda untuk menyelesaikan masalah starter mobil anda. jangan lupa coment dibawah ya. bagi yang berhasil dan mungkin yang belum berhasil bisa contak saya silahkan bisa kunsultasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar