Senin, 13 Juni 2016

PROBLEM / MASALAH PADA SISTEM PENGISIAN BATERAI


Pengisian pada kendaraan anda adalah hal terpenting ketika mesin di hidupkan, yang berfungsi untuk mengisi/charge baterai mobil anda, ada kalannya pada sistem ini terjadi mal fungsi atau masalah yang mengakibatkan sistem ini tidak bekarja dengan baik,
Ciri dari masalah ini adalah aki atau baterai mobil anda selalu tekor atau kehabisan strum/energi. untuk melakukan pengecekannya anda harus menggunakan tester atau bisa melihat indikator pada panel indikator pada speedometer anda. ditandai dengan tanda/logo baterai. Cirinya logo baterai akan hilang beberaba detik ketika mesin menyala menandakan sistem pengisian anda berfungsi, sebalikanya jika logo tersebut masih menyala maka sitem pengisian anda dalam keadaan tidak berfungsi.
Cara kedua anda cek dengan menggunakan multi tester, sambil mesin dalam keadaan menyala coba ukur dengan DC Volt, Jika menunjukan nilai 13,8V atau di atas 13V, maka pengsian normal, akan tetapi jika hanya menunjukan nilai 12v maka pengisian anda tidak berfungsi.
Lalu bagaimana cara langkah anda selanjutnya untuk menganalisa kerusakan tersebut ? Berikut saya berikan cara anda memperbaikinya.


1. Cek medan magnet pada alternator, Jika pada posisi kontak on / mesin belum menyala, maka akan timbul medan magnet pada alternator atau dinamo ampre anda coba tempelkan besi pada pully alternator anda jika terdapat medan magnet maka sistem pengisian dalam kondisi baik, akan tetapi belum sepenuhnya berfungsi.
2. Cek relay dan sikring pegisian,
3. Jika semua sudah berfungsi dengan baik maka yang perlu anda curiagi terakhir adalah pada kumparan alternator anda, Anda bongkar atau anda serehkan pada ahlinya, Ciri fisiknya adalah terlihat adanya bekas gosong/terbakar pada kumparan. Kemudian anda cek konsisi brush pada ketout, kemuadian terakhir cek dioda dalam konsisi normal atau short, gunakan terser untuk mengukurnya.

dari ketiga cara diatas semoga dapat membantu permasalahan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar