Jumat, 29 Januari 2016

MENGATASI SIKRING MELELEH PADA MOBIL


Sikring merupakan komponen kelistrikan yang berfungsi sebagai pengaman jika dalam suatu arus yang berlebihan maka sikring akan putus dengan sendirinya sesuai dengan maksimal ampere yang dibatasi. Misal 10, 15,20,25,30 ampere, Jika kelebihan beban maka akan putus,
Akan tetapi ada suatu kondisi sikring bukan putus melainkan panas dan akirnya meleleh ? Kenapa,
Penyebabnya adalah


- Rumah sikring kendor
- Dudukan sikring berkarat atau korosi.
- Ukuran sikring tidak sesuai dengan kebutuhan arus.
- Kabel penghubung rumah sikring terlalu kecil, Atau kurang bagus.
Dari analisa permasalahan diatas disimpulkan bahwa standar pemasangan sikring tidak tepat, Ini tejadi pada mobil mobil yang usianya sudah tidak muda lagi, Faktor ini sering terjadi, Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, Berikut langkah langkahnya.

- Sikring
Cari sikring dengan bahan keramik. Sesuaikan dengan kebutuhan
- Kabel
Beli kabel sesuai spek kebutuhan arus, Kabel yang bagus full tembaga, dan kabel yang tidak bagus hanya lapisan luarnya saja yang tembaga, sedangkan dibagian dalamnya berwarna putih.
- Rumah sikring pengganti.
Beli rumah sikring pengganti dengan kabel yang bagus. Ganri kabel dan soketnya dengan kabel yang lebih kuat dan soket yang terbuat dari kuningan.

- Soket Sikring

Ikat kabel dengan soket sikring dengan kuat dan benar, Bila perlu solder dengan kuat.

Cara pemasangan.
Jika rumah sikring masih dalam keadaan baik pada mobil anda maka anda hanya perlu mengganti dudukan atau soket sikring yang baru, akan tetapi jika rumah sikring sudah tidak layak pakai maka perlu adannya penggantian rumah sikring baru. Solder sambungan kabel dengan kuat.
Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar